
Jakarta – https://detik24jam.web.id PAM JAYA resmi meluncurkan Program Penagihan Langsung Pemakaian Air Unit Hunian Apartemen sebagai bentuk upaya peningkatan layanan dan keadilan tarif bagi pelanggan apartemen. Melalui program ini, air yang dialirkan ke unit hunian apartemen dipastikan air PAM JAYA 100 persen.
Adapun Program Penagihan Langsung Unit Hunian mulai diberlakukan setelah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PAM JAYA dan Apartemen pada Selasa (15/4/2025). Sejak tahun 2007, tarif air untuk pelanggan apartemen belum mengalami penyesuaian, yakni dengan sistem tarif flat tanpa mempertimbangkan jumlah pemakaian.
Kini, melalui Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 730 Tahun 2024, tarif air untuk apartemen diberlakukan secara progresif sesuai pemakaian 0-10 m³, 11-20 m³, dan di atas 20 meter kubik. Namun, pelanggan unit hunian yang airnya ditagihkan oleh pengurus apartemen secara otomatis akan masuk dalam blok pemakaian di atas 20 m³.
Direktur Utama PAM JAYA, Arief Nasrudin menjelaskan PAM JAYA menawarkan solusi melalui sistem penagihan langsung unit hunian. Kebijakan ini dihadirkan sebagai bentuk keberpihakan terhadap pelanggan.
“Melalui program ini, penghuni apartemen akan ditagih sesuai dengan jumlah air yang benar-benar mereka gunakan. Ini adalah solusi yang adil dan transparan. Jika mereka hanya memakai air dalam batas blok pertama, maka tarif yang dikenakan pun mengikuti blok pertama atau terendah, yaitu tarif untuk 0-10 m³,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (15/4/2025).
Ia menambahkan, program penagihan langsung memungkinkan penghuni apartemen mendapatkan tagihan sesuai konsumsi aktual per unit hunian. Dengan demikian, jika pemakaian air tidak melebihi 10 m³, maka tarif yang dikenakan tetap pada level terendah. Namun apabila lebih dari 10 m³, maka akan diberlakukan tarif progresif sesuai blok pemakaian masing-masing.
Lebih lanjut, Arief menjelaskan program ini tetap melibatkan peran pengurus apartemen.”Penagihan ke unit hunian tetap akan dilakukan oleh pengurus apartemen, dan PAM JAYA melakukan penagihan kepada pengurus apartemen. Dengan begitu, kami memastikan bahwa pelanggan mendapatkan kejelasan dan keadilan dalam tagihan air mereka,” jelasnya.
Arif menegaraskan PAM JAYA berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan air perpipaan berkualitas yang transparan, adil, dan berpihak kepada pelanggan,. Hal ini khususnya bagi penghuni apartemen yang selama ini menghadapi tantangan dalam sistem penagihan sebelumnya.